Keefektifan Beriklan dengan Google Adwords dan Facebook Ads


Hello Sahabat Dhikers..! 
Senang sekali saya bisa menyapa sahabat dhikers semuanya. Kali ini saya ingin berbagi kepada sahabat dhikers Keefektifan Beriklan dengan Google Adwords dan Facebook Ads
Dalam membangun sebuah bisnis, promosi memegang peranan penting. Apapun jenis usaha maupun jasa yang sedang dirintis, jika tidak ada promosi yang dilakukan maka calon konsumen kemungkinan tidak akan mengetahui bisnis tersebut. Mereka tidak akan mengetahui apa produk itu, apa kegunaannya dan apa kelebihannya. Kalau mereka tidak mengetahui produk itu, bagaimana mereka bisa tertarik untuk membelinya? Maka dari itulah banyak sekali penjual yang dengan kreatif membuat iklan. Tujuannya tentu menarik minat konsumen untuk membeli produk itu.
Sekarang ini, perkembangan promosi dunia usaha sudah berkembang dengan pesat. Tidak hanya memanfaatkan media elektronik maupun media cetak, kini promosi produk itu bisa dilakukan juga di dunia maya. Di dunia mayapun ada banyak jenis strategi promosi yang dijalankan. Promosi itu bisa dilakukan dengan tanpa modal ataupun dengan mengeluarkan modal terlebih dahulu. Nah, cara cepat untuk mendatangkan pembeli adalah dengan media berbayar. Ada dua jenis iklan berbayar yang memang sudah tidak diragukan lagi keunggulannya, yaitu Google dan Facebook.

 Keefektifan Beriklan dengan Google Adwords dan Facebook Ads

Google dan Facebook memang membuat sebuah program iklan berbayar yang menggiring pengunjung untuk melihat iklan yang akan kita pasang di sana. Keduanya memiliki pangsa pasar yang luas. Google sebagai mesin pencari, menggunakan hasil pencarian sebagai media untuk menampilkan iklan. Sedangkan Facebook sebagai media sosial, dengan jumlah penggunanya yang begitu banyak, bisa dijadikan sebagai tempat yang pas untuk meletakkan iklan. Lalu kalau ingin memilih salah satu, manakah yang paling efektif? Facebook Ads vs Google Adwords?
Banyak orang yang ingin mendalami dunia internet marketing kebingungan dengan pertanyaan ini. Pasalnya keduanya memiliki pangsa pasar yang cukup besar. Meskipun begitu, dari keduanya pasti ada yang paling efektif dalam menggiring pengunjung untuk mengunjungi website bisnis kita. Jawaban dari mana yang paling efektif antara kedua media iklan berbayar ini, akan terjawab dengan beberapa penjelasan di bawah ini:

1. Google Adwords

Google Adwords merupakan sebuah program pengiklanan yang dibuat oleh perusahaan situs mesin pencari terbesar di dunia, #Google. Sebagai mesin pencari terbesar (untuk saat ini) tentunya prospek Google akan memanfaatkan mesin ini sebagai tempat untuk memasangkan iklan.
Kelebihan:
Kelebihan dari Google Adwords adalah:
  • Sebagai mesin pencari terbesar saat ini, tentunya Google memiliki pangsa pasar yang sangat besar.
  • Kita dapat mengatur peletakan iklan yang mudah dilihat oleh orang lain
  • Kita dapat memilih kategori iklan sehingga ketika orang mencari suatu kata kunci yang berhubungan dengan promosi kita, maka iklan itu akan muncul di sana.
  • Iklan akan sesuai dengan target. Dengan memanfaatkan kata kunci yang dicari, maka iklan akan sesuai dengan target yang kita incar.
  • Pengunjung tidak harus melakukan login ke Google untuk bisa melihat iklan itu. Sehingga akan menjangkau lebih banyak orang yang membuka mesin pencari ini.
Kekurangan:
  • Jika iklan terdapat link yang mencurigakan atau iklan ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan itu akan di-banned secara permanen. Jadi perlu berhati-hati dalam memasang iklan di sana. Perhatikan juga TOS mereka agar tidak melanggar peraturan itu.
  • Dalam proses pembayaran iklan yang kita pasang, pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit saja.

2. Facebook Ads

Facebook Ads merupakan layanan periklanan yang disediakan oleh media sosial terbesar di dunia, #Facebook. Peletakan iklan mereka berada di sisi kanan tampilan media sosial Facebook dengan keterangan “Sponsored” dan juga di bagian News Feed.
Kelebihan:
Sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, maka Facebook menjadi tempat di mana banyak orang bersosial setiap harinya. Dari banyaknya orang inilah Facebook memanfaatkan yang namanya Efek Viral dari para penggunanya. Sehingga Facebook memungkinkan kita sebagai orang yang memasang iklan untuk menentukan target dari iklan yang kita pasang. Pengaturan itu mulai dari usia, status, bahasa, dan negara. Dengan begitu, maka Facebook akan menayangkan iklan dengan melihat profil penggunanya.
Kekurangan:
Kekurangan dari media iklan berbayar yang satu ini adalah iklan hanya dapat dilihat oleh mereka yang menggunakan Facebook. Meskipun menjadi media sosial terbesar di dunia untuk saat ini, tentunya tidak semua orang memiliki akun Facebook. Masih banyak orang yang tidak memiliki akun Facebook sehingga membuat target iklan di Facebook hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja yaitu mereka para pengguna Facebook aktif.

Sampai disini dulu postingan saya kali ini mengenai Keefektifan Beriklan dengan Google Adwords dan Facebook Ads, semoga postingan saya bisa memberi pengetahuan baru dan bermanfaat untuk semua. Terimaksih sudah berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi di blog andhika dhika.com

0 Response to "Keefektifan Beriklan dengan Google Adwords dan Facebook Ads"

Post a Comment