Konsep Dasar dan Pengertian Komunikasi Bisnis


Hello Sahabat Dhikers..! 
Senang sekali saya bisa menyapa sahabat dhikers semuanya. Kali ini saya ingin berbagi kepada sahabat dhikers mengenai Konsep Dasar dan Pengertian Komunikasi Bisnis
1. Konsep konsep Dasar Komunikasi Bisnis

Kegiatan komunikasi dalam dunia bisnis begitu beragam, mulai dari mempresentasikan proposal dan membuat rancanganiklan sampai membalas surat dari pelanggan lain. Singkatnya, terjadi pertukaran informasi, gagasan dan pengalaman untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan. Menurut Reed Sanderlin (1982), kimunikasi berlansung bila manusia dibawa memasuki pengalaman berbagai persepsi dan asumsi mengenai apa yang nyata (real), relevan dan penting dalam situasi tertentu. Dalam komunikasi bisnis, misalnya, dalam kegiatan transaksi pembelian komputer baru untuk keperluan perusahaan.
            Dalam pandangan Quible, Johnson dan Mott (1996:8) menyebutkan pentingnya kimunikasi yang efektif didalam organisasi. Menurut mereka manfaat yang diperoleh dari efektifnya komunikasi itu adalah (a) memberikan citra positif pada pihak luar, (b) memperbaiki morale pegawai, (c) meningkatkan produktivitas pegawai, sedangkan fungsi komunikasi didalam organisasi, menurut Quible, johnson dan Mott (1996:12-13) adalah :

  •  Mneginformasikan
  • Mengontrol
  • Mebujuk; dan
  • Mengkoordinasikan. 

2. Pengertian Komunikasi Bisnis

Tiga istilah yang menjadi fokus yaitu komunikasi, bisnis, dan komunikasi bisnis. Kita dalami dulu pengertian komunikasi. Komunikasi adalah proses mengirimkan, menerima, dan memahami gagasan dan perasaan dalam bentuk pesan variabel dan non variabel secara disengaja ataupun tidak disengaja ( Berko, et. al.1995). proses tersebut melibatkan (1) komunikator, (2) gagasan dan pesan (3) pesan yang disampaikan, (4) komunikan yang menerima pesan (5) reaksi dan umpan balik.
Kedua, pengertian bisnis. Bisnis adalah seluruh kegiatan komersial dan industrial yang menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan dan mempertahankan kualitas kihidupan kita. Jadi bisnis bukan semata-mata kegiatan yang berorientasi mencari keuntntungan melainkan yang terpenting adalah pelaksanaan tanggung jawab sosial dengan penyediaan kebutuhan barnag dan jasa untuk meningkatkan dan menjaga taraf hidup umat manusia.
Ketiga, komunikasi bisnis. Pengertian komunikasi bisnis bukan sekedar gabungan dari pengertian komunikasi dan bisnis melainkan merupakan proses komunikasi dalam kegiatan bisnis. Menurut  Rosenblatt et.al., (1977), komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi,instruksi dan sebagainya yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal dan impersonal melalui simbol-simbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi.
Terdapat enam unsur pokok  dalam kegiatan komunikasi bisnis : (1) bertujuan (2)  pertukaran (3) gagasan, (4) saluran personal, (5) simbol-simbo atau sinyal-sinyal, (6) pencapaian tujuan organisasi.

Sampai disini dulu postingan saya kali ini mengenai Konsep Dasar dan Pengertian Komunikasi Bisnis, semoga postingan saya bisa memberi pengetahuan baru dan bermanfaat untuk semua. Terimaksih sudah berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi di blog andhika dhika.com


0 Response to "Konsep Dasar dan Pengertian Komunikasi Bisnis"

Post a Comment