Hello Sahabat Dhikers..!
Senang sekali saya bisa menyapa sahabat dhikers semuanya. Kali ini saya
ingin berbagi kepada sahabat dhikers mengenai Konsep Dasar dan Pengertian Komunikasi Bisnis
1. Konsep konsep Dasar Komunikasi Bisnis
Kegiatan komunikasi dalam dunia bisnis begitu
beragam, mulai dari mempresentasikan proposal dan membuat rancanganiklan sampai
membalas surat dari pelanggan lain. Singkatnya, terjadi pertukaran informasi,
gagasan dan pengalaman untuk mencapai tujuan organisasi/perusahaan. Menurut
Reed Sanderlin (1982), kimunikasi berlansung bila manusia dibawa memasuki
pengalaman berbagai persepsi dan asumsi mengenai apa yang nyata (real), relevan
dan penting dalam situasi tertentu. Dalam komunikasi bisnis, misalnya, dalam
kegiatan transaksi pembelian komputer baru untuk keperluan perusahaan.
Dalam
pandangan Quible, Johnson dan Mott (1996:8) menyebutkan pentingnya kimunikasi
yang efektif didalam organisasi. Menurut mereka manfaat yang diperoleh dari
efektifnya komunikasi itu adalah (a) memberikan citra positif pada pihak luar,
(b) memperbaiki morale pegawai, (c) meningkatkan produktivitas pegawai,
sedangkan fungsi komunikasi didalam organisasi, menurut Quible, johnson dan
Mott (1996:12-13) adalah :
- Mneginformasikan
- Mengontrol
- Mebujuk; dan
- Mengkoordinasikan.
2. Pengertian Komunikasi Bisnis
Tiga istilah yang menjadi fokus yaitu komunikasi,
bisnis, dan komunikasi bisnis. Kita dalami dulu pengertian komunikasi.
Komunikasi adalah proses mengirimkan, menerima, dan memahami gagasan dan
perasaan dalam bentuk pesan variabel dan non variabel secara disengaja ataupun
tidak disengaja ( Berko, et. al.1995). proses tersebut melibatkan (1)
komunikator, (2) gagasan dan pesan (3) pesan yang disampaikan, (4) komunikan
yang menerima pesan (5) reaksi dan umpan balik.
Kedua, pengertian bisnis. Bisnis adalah seluruh
kegiatan komersial dan industrial yang menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan
dan mempertahankan kualitas kihidupan kita. Jadi bisnis bukan semata-mata
kegiatan yang berorientasi mencari keuntntungan melainkan yang terpenting
adalah pelaksanaan tanggung jawab sosial dengan penyediaan kebutuhan barnag dan
jasa untuk meningkatkan dan menjaga taraf hidup umat manusia.
Ketiga, komunikasi bisnis. Pengertian komunikasi
bisnis bukan sekedar gabungan dari pengertian komunikasi dan bisnis melainkan
merupakan proses komunikasi dalam kegiatan bisnis. Menurut Rosenblatt et.al., (1977), komunikasi bisnis
adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi,instruksi dan sebagainya yang
memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal dan impersonal melalui
simbol-simbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi.
Terdapat enam unsur pokok dalam kegiatan komunikasi bisnis : (1)
bertujuan (2) pertukaran (3) gagasan,
(4) saluran personal, (5) simbol-simbo atau sinyal-sinyal, (6) pencapaian tujuan
organisasi.
Sampai disini dulu postingan saya kali ini
mengenai Konsep Dasar dan Pengertian Komunikasi Bisnis, semoga postingan
saya bisa memberi pengetahuan baru dan bermanfaat untuk semua.
Terimaksih sudah berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi di blog andhika dhika.com
0 Response to "Konsep Dasar dan Pengertian Komunikasi Bisnis"
Post a Comment