Hello Sahabat Dhikers..!
Senang sekali saya bisa menyapa sahabat dhikers semuanya. Kali ini saya
ingin berbagi kepada sahabat dhikers Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website
Sebenarnya untuk mendapatkan ranking
yang baik di mesin pencari (terutama Google) bukanlah sesuatu yang
sangat sulit bila kita mengetahui cara mengoptimasi sebuah halaman
website. Materi tentang SEO banyak kita temukan di internet, baik itu
dalam bentuk ebook ataupun dalam bentuk artikel-artikel website. Dari
sekian banyak artikel yang membahas tentang SEO, saya ingin merangkum
apa yang saya pahami dan sudah saya lakukan untuk optimasi website.
Ada 3 elemen utama dalam #SEO website
yang harus kita ketahui dan lakukan bila ingin mengoptimasi website di
mesin pencari. Ketiga elemen itu antara lain; Riset Keywords, SEO
Friendly Website (On Page Factor), dan Baclinks (Off Page Factor).
Dengan mengetahui elemen penting dalam SEO, kita akan lebih mudah
melakukan optimasi website di mesin pencari untuk jangka panjang.
Mari kita bahas ketiga elemen utama dalam SEO tersebut:
1. Kata Kunci (Keywords) Website
Keywords adalah frase atau rangkaian
kata yang diketikkan seseorang di kolom pencarian ketika mereka mencari
informasi di search engine, misalnya Google. Kata kunci (keywords) yang
diketikkan pengguna mesin pencari bisa satu suku kata, dua suku kata,
tiga suku kata, atau bahkan bisa juga dalam bentuk kalimat pendek,
tergantung masing-masing user. Di dalam satu niche, ada beberapa kata
kunci yang sering digunakan oleh user Google di mesin pencari. Nah para
pemilik website perlu melakukan riset keywords untuk menemukan list kata
kunci tersebut.
Riset keywords (keywords research)
adalah langkah yang dilakukan oleh pemilik website dalam mencari dan
menentukan kata kunci (keywords) yang paling relevan dengan niche
website yang akan dibangun, baik itu keywords untuk halaman utama
ataupun untuk halaman artikel. Dengan melakukan riset keywords kita bisa
mengetahui kata kunci apa yang banyak dicari oleh para pengguna #Google, dan bagaimana tingkat persaingan pada kata kunci tersebut.
Bila website kita menggunakan kata kunci
yang TEPAT maka peluang untuk mendapatkan ranking yang baik di SERP
(Search Engine Result Page) akan semakin baik, dan tentunya ini akan
memberikan trafik potensial yang sangat besar. Menggunakan kata kunci
yang tepat artinya kata kunci (keywords) tersebut adalah kata kunci yang
paling relevan untuk website bisnis Anda, banyak digunakan user Google,
dan tingkat persaingannya masih bisa dimenangkan.
Ada banyak cara yang bisa dilakukan
dalam memilih kata kunci yang tepat untuk website Anda. Salah satu cara
terbaik untuk menemukan keywords tersebut adalah dengan menggunakan
tools gratis dari Google, yaitu Google Keyword Planner. Pada artikel ini
saya tidak membahas cara memilih kata kunci yang tepat, artikel untuk
topik tersebut saya posting di artikel lain.
Intinya, riset keywords adalah langkah
awal yang sangat krusial dalam membangun website yang SEO friendly.
Menurut saya, elemen ini memiliki porsi sebesar 40% dalam kampanye SEO
sebuah website. Memilih keywords yang tepat akan membuat proses optimasi
website dan mendapatkan trafik potensial dari mesin pencari akan
semakin mudah.
2. Membangun Web yg SEO Friendly (On Page Factor)
Apa itu web yang SEO friendly? Yang
dimaksud dengan SEO friendly website adalah website yang dibangun dengan
standar tertentu sehingga website tersebut mudah dijelajahi dan
dikenali oleh mesin pencari. Selain itu, web tersebut juga harus
memberikan manfaat bagi user dan mudah digunakan/ dinavigasi. Sebenarnya
ada banyak hal yang terdapat pada On Page Factor sebuah website. Namun
berdasarkan pengalaman saya, hanya beberapa saja yang sangat berpengaruh
pada kekuatan On Page SEO, diantaranya:
A. Penempatan Keywords
Jika Anda ingin mengoptimasi halaman
website untuk kata kunci tertentu, maka pastikan keywords tersebut
tercantum di dalam halaman website Anda sehingga Google lebih memahami
apa fokus halaman website Anda. Beberapa bagian di dalam website Anda
yang perlu ditambahkan kata kunci adalah:
- Title Tag/ Judul halaman web
- Meta Description
- Awal paragraf artikel
- Semantic URLs
- Sistem Navigasi
- H1, H2, H3 tags
- Internal links
- File gambar (Alt)
B. Membangun Konten yg Berkualitas dan Relevan
Kalau kita perhatikan, sebagian besar
website yang memiliki banyak konten dan berkualitas pasti merajai SERP
Google. Karena itu, pastikan konten Anda berkualitas dan relevan dengan
topik yang dibahas. Selain itu, pertimbangkan juga untuk membuat konten
yang detail, biasanya konten yang detail dan panjang lebih mudah masuk
halaman utama Google dan cenderung bertahan lebih lama di SERP Google.
Bila ingin mengoptimasi konten untuk kata kunci tertentu, pastikan kata
kunci tersebut tersemat di dalam 100-150 kata paragraf awal artikel yang
dibuat.
C. Meningkatkan Interaksi User Website Anda
Interaksi user di website/ blog ternyata
berpengaruh pada SEO. Interaksi user ini akan membuat bounce rate
(tingkat pentalan) di dalam sebuah website akan semakin kecil. Untuk
mengurangi bounce rate kita bisa menambahkan multimedia ke dalam
postingan artikel di blog, misalnya menambahkan image yang atraktif,
menambahkan video, atau pun diagram, sehingga konten kita akan semakin
menarik dan membuat user betah berlama-lama. Selain itu, berikan
kesempatan kepada audiens Anda untuk memberikan opini atau komentar
dengan menambahkan kolom komentar pada artikel di blog Anda.
D. Menambahkan Outbound Links
Memberikan links ke halaman website lain
yang relevan dengan konten blog Anda juga dapat berpengaruh pada SEO.
Dengan menambahkan outbound links, ini akan memberikan sinyal pada
Google apa yang menjadi fokus topik pada konten Anda tersebut. Namun,
Anda harus memastikan bahwa website yang diberikan link adalah website
yang punya Authority pada topik yang Anda bahas.
E. Kecepatan Load Website
Pihak Google pernah menyebutkan bahwa
kecepatan load sebuah website merupakan salah satu faktor yang sangat
penting di dalam SEO. Website yang proses loading-nya lambat biasanya
ditutup oleh user yang tidak sabar menunggu, sehingga ini kemudian
berpengaruh pada hasil pencarian di Google. Silahkan cek kecepatan
loading website Anda dengan menggunakan GTMetrix.com.
3. Membangun Backlinks (Off Page Factor)
Sederhananya backlinks itu adalah tautan
atau link dari sebuah halaman website menuju website lain, dengan kata
lain sebuah website memberikan rekomendasi kepada usernya untuk
mengunjungi website lain. Tujuan membangun backlinks adalah untuk
meningkatkan popularitas sebuah halaman website di internet, sehingga
website tersebut berpeluang untuk mendapatkan posisi yang lebih baik
SERP (Search Engine Result Page) Google.
Ada banyak sekali website yang bisa kita
manfaatkan untuk membangun backlinks. Berdasarkan pengalaman saya, ada
beberapa jenis backlinks yang sangat efektif untuk kampanye SEO website,
diantaranya adalah:
A. Links dari media sosial
Media sosial yang biasanya saya gunakan untuk membangun backlink adalah Google+, Twitter, Facebook, Pinterest, etc. Links dari #media sosial ini biasanya nofollow, namun tetap akan meningkatkan popularitas sebuah halaman website.
B. Links dari social bookmarking
Social bookmarking yang sering saya
gunakan adalah Diigo.com, Stumbleupon.com, Folkd.com, Lintas.me, etc.
Links dari social bookmarking ini ada yang nofollow dan ada juga yang
dofollow. Optimasi menggunakan social bookmarking biasanya sangat
efektif untuk website lokal, tapi perlu berhati-hati karena terlalu
banyak links dari situs social bookmarking dan dalam tempo singkat, bisa
berakibat buruk.
C. Links dari Forum Signature
Beberapa forum yang saya gunakan untuk
membangun backlinks adalah Bersosial.com, Forum.detik.com,
Forum.kompas.com, Pengusaha.co, etc. Sebagian besar links dari situs
forum ini adalah dofollow. Lebih enaknya lagi, selain memasang links di
signature, kita juga boleh memasang links di dalam artikel yang kita
posting di forum tersebut, ini efeknya lebih baik untuk SEO. Tapi
pastikan Anda tidak melakukan SPAM ya karena sebagian besar situs forum
sangat ketat peraturannya.
D. Links dari Web 2.0 properties
Beberapa web 2.0 yang sering saya
gunakan adalah Blogger.com, WordPress.com. Tumblr.com, Edublogs.org,
Bravenet.com, Blog,com, Kompasiana.com, etc. Links dari web 2.0 ini
sebagian besar adalah dofollow. Khusus untuk Blogger dan Tumblr biasanya
saya memanfaatkan blog berumur lama dan sudah memiliki Page Rank (PR)
sebagai sumber backlinks. Blog tersebut sudah ditinggalkan oleh
pemiliknya dan bisa didaftarkan kembali oleh user baru, dikalangan
blogger sering disebut dengan Blog Zombie.
Sampai disini dulu postingan saya kali ini
mengenai Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website, semoga postingan
saya bisa memberi pengetahuan baru dan bermanfaat untuk semua.
Terimaksih sudah berkunjung dan jangan lupa berkunjung lagi di blog andhika dhika.com
0 Response to "Elemen Utama Dalam SEO Sebuah Website"
Post a Comment